Novitia's Blog

Apa yang kufikirkan, Aku Menuliskannya

Tempat Liburan di Garut yang Indah (pastinya) October 9, 2011

Filed under: Uncategorized — novitia92 @ 3:00 am
Tags:

Yupz, postingan pertama novi kali ini bakalan ngebahas tentang tempat – tempat pariwasata di Garut yang eksotik n cocok buat jadi tujuan temen2 pembaca sekalian yang mau berlibur dengan keluarga masing – masing. Langsung aja deh cekidot yang dibawah ^_^ :
1. Sabda Alam ( daerah Cipanas )
Taman Air Sabda Alam terletak di kota Garut tepatnya di Jl. Raya Cipanas. Jika anda menelusuri sepanjang Jalan Cipanas dari arah Tarogong Garut maka yang pertama kali anda akan ditemui adalah Hotel Sabda Alam. Untuk menuju Taman Air Sabda Alam anda tinggal masuk ke area parkir Hotel kemudian terus menuju belakang Hotel Sabda Alam, disana anda akan menemukan kembali tempat parkir yang luasnya 6 kali lipat luas parkir Hotel Sabda Alam. Posisi Taman Air Sabda Alam ini memang terletak di belakang Hotel Sabda Alam.
Taman Air ini dibuka pada akhir tahun 2007, dan mulai resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan pada 9 Agustus tahun 2008.
Sejak dibuka untuk umum hingga sekarang, Taman Air Sabda Alam ini selalu dibanjiri pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota.

Hal ini dikarenakan Taman Air Sabda Alam tidak pernah berhenti berinovasi untuk menghadirkan wahana-wahana baru di Taman Air.

Terdapat banyak Sliding/prosotan yang ada di Taman Air Sabda Alam ini. Mulai dari yang pendek sampai yang panjang, mulai dari yang lurus sampai yang berkelok-kelok seperti Twister.
Wahana-wahana lainnya yang ada di Taman Air Sabda Alam yaitu ada Sepak Bola Pasir, Flying Fox, Jet Ski, Canoe, dan yang terbaru menghadirkan wahana Water Ball yaitu suatu Balon Raksasa yang mengambang di atas air dimana kita bisa memasuki balon tersebut dan berjalan-jalan di dalamnya.
Selain wahana-wahana tadi Taman Air Sabda Alam ini juga selalu memberikan kejutan-kejutan pada weekend atau libur hari raya. Pokoknya ga akan kapok deh. Tiket masuknya pun terjangkau ko, rate-nya sekitar 35 rbu (kalo hari biasa), 40 (hari libur ato weekend).

2. Kolam air panas …( namanya lupa pokonya tempat yang pling menjorok)
Nah kalo yang satu ini wisatanya setipe kaya sabda alam, Cuma mungkin fasilitasnya ga sekomplit yang diatas. Tapi, kalo sekedar pengen liburan (biasanya yang dateng kesini rombongan)n ga ngehabisin uang banyak, tempat ini sangat layak untuk jadi pilihan. Harga tiketnya juga murah ko, Cuma 8000-10000an.

3. Kawah Darajat

Wah, kalo tempat wisata yang satu ini, novi rekomen banget deh. Soalnya, selain dibilang masih baru, Kawah Darajat ini punya view yang indah (secara gitu di atas gunung). Tempatnya di Samarang (kalo ga salah nama kampung nya Pasirwangi, novi agak lupa gitu soalnya baru sekali dateng kesana). Dari Garut Kota kurang lebih 11 km-an. Transport kesana biasanya pada pake kendaraan pribadi soalnya jalannya jauh n nanjak2 gitu.
Di kawah Darajat terdapat banyak wisata yang bisa kamu pilih, pemandian air panas, penginapan, n berbagai wahana lainnya.
Rate masuk pemandian air panasnya juga ga mahal ko, sekitar 15 ribuan.
Tapi, yang novi kasih bintang 5 di tempat ini tuh soalnya kalo liburan kesini, kita bener – bener terhanyut dengan keindahan scenery nya. Terus juga mungkin karena tempatnya jauh dari kebisingan n hiruk pikuk kehidupan di kota ga tau kenapa serasa adeeeeeeeem banget suasana disana.
Pokonya the best lah………

4. Pantai Santolo

Kalau dengar kata pantai, apa yang terlintas pertama kali dalam pikiran anda? Pasir Putih!!! yah, itu juga yang terlintas di pikiran saya. Pantai Santolo, memberi jawaban itu! Pasir putih, landai, sensasi ombak yang menawan serta ikan bakar yang memanjakan lidah. Saya terkesan dengan hamparan pasir putih yang cukup panjang di pantai santolo. tipe pasir putihnya pun cukup halus dan lembut. Hamparan pantai yang landai, membuat nyaman sekali tidur-tiduran di hamparan pasir. pokoknya dari sisi alami, pantai ini punya potensi yang menjanjikan, sebagai tempat wisata untuk keluarga.
Lepas tol cileunyi, jarak menuju pantai ini sekitar 112 km, terlihat cukup jauh yah! Tapi kalau anda termasuk jenis orang yang “memasukan perjalanan juga sebagai bagian dari wisata”, saya jamin, perjalanan sejauh itu sangat menyenangkan. Akses jalan mulai dari kota Garut sampai Pantai Santolo, sangat baik (aspal mulus dan lebar jalan cukup), hanya sedikit sekali hambatan jalan berlubang atau jalan rusak. Yang paling menonjol dari perjalanan antara kota Garut sampai Pameupeuk adalah kondisi pemandangan kiri kanan jalan yang sangat bervariasi. Kita akan melewati kota-kota kecamatan dengan toko-toko atau pasar yang khas, kawasan hutan, persawahan dan kebun teh. Mata kita akan disajikan dengan panorama yang memanjakan mata. Bagaimana tidak, kita melintasi bukit-bukit yang asri, sejuk dan tentu dengan sensasi jalan berliku yang menyenangkan. Pokoknya, perjalanan yang menyenangkan deh.
Di kawasan pantai Santolo, seperti kebanyakan kawasan wisata pantai di indonesia, di isi dengan banyaknya rumah makan sea food dan penginapan-penginapan murah meriah. Kalau anda tidak berkeberatan untuk sedikit kepanasan, ada banyak penginapan dengan kelas 50rb s/d 100 rb permalam di sana. lokasi penginapan tepat di pinggir pantai, sehingga dalam tidurpun, anda dapat menikmati deburan ombak pantai selatan yang menggelegar! Wisata kuliner dengan berpuas ria menikmati sea food pun cukup murah…ikan kerapu/kakap/kue sudah dapat anda nikmati sesuai selera anda hanya dengan 60-70rb per kg dalam kondisi sudah matang dan siap santap!!!
Anda bosan dengan pantai dengan pasir putih yang landai?, dengan menyebrangi muara (bayar ongkos perahu 2rb/orang), anda sudah berada di sisi pantai santolo yang berbeda. Di sisi muara ini, pantainya di dominasi dengan karang-karang (pantai karang), sehingga apabila sedang surut, anda bisa bermain ke tengah lautan, melewati karang-karang keras yang ada di sana!…cukup lengkapkan, sajian pantai yang disuguhkan di Pantai Santolo-Pameungpeuk ini!
Satu catatan negatif saya adalah kebersihan pantai….di sisi paling luar pantai santolo, cukup banyak sampah-sampah plastik dan material sampah lainnya. Tadinya saya pikir pengunjung neh yang paling bertanggung jawab untuk sampah ini. Ternyata, dugaan saya tidak 100% bener. Saya memergoki 2 kali. Para pengusaha restoran dan penginapan di sana, membuang 3 ember sampah dengan santainya di pinggir pantai, tepat di belakang tempat usaha mereka. Mereka buang, dan mempersilahkan ombak, untuk menyeret sampah tersebut di laut (padahal sebagian sampah itu, kembali lagi ke pantai). Mereka menjadikan pantai dan laut santolo dengan pasir putih yang indah itu sebagai TPA (tempat pembuangan akhir) dari sampah hasil proses produksi mereka!!! Saya coba ngobrol dengan mereka,,,di jawab ringan saja, “iya, emang susah pak dibilangin, dan semua orang juga begitu sih pak!!!!” Wah, kalau tanpa usaha pencegahan bersama, saya takut pantai ini, lama kelamaan menjadi pantai sampah, dan di jauhi wisatawan!!! siapa juga yang rugi kalau begitu???
Mudah-mudahan, kalau anda ke sana, anda ikut mengingatkan mereka untuk mulai mengelola sampah dengan cara yang baik dan benar, tanpa perlu mengorbankan pantai santolo yang indah itu.
Nah, udah liat kan beberapa review tempat – tempat yang asik buat dijadiin wisata ?
Itu semua sih tergantung kalian mau pilih yang mana
Tapi, novi pastiin deh liburan kalian ga akan nyesel…..
^_^
*dari berbagai sumber

About these ads
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.